Minggu, 21 Maret 2010

Pelatih Baru Timnas sepak bola Indonesia


Misteri mengenai siapa pengganti Benny Dolo sebagai pelatih Timnas sepak bola Indonesia akhirn ya terjawab sudah, PSSI secara resmi telah memilih pelatih baru untuk timnas. Dia adalah Alfred Riedl. Sebelumnya, pria asal Austria itu menangani timnas Laos dan Vietnam. Riedl dipilih untuk menggantikan Benny Dolo.

Kontrak Bendol sejatinya sudah habis Januari lalu. Namun, dia dipertahankan untuk laga terakhir melawan Australia dalam ajang kualifikasi Piala Asia lalu. Ternyata dalam laga pamungkas itu, skuad merah putih kalah 0-1. Kekalahan tersebut melengkapi prestasi buruk indonesia yang sama sekali tidak pernah menang dalam babak kualifikasi. Alhasil indonesia gagal maju ke putaran final piala asia untuk pertama kalinya sejak 1996.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes memastikan bahwa Riedl segera dikontrak. “Kesepakatan dilakukan dalam waktu dekat,” katanya di Jakarta (4/3) lalu. Hanya, dia tidak mengungkapkan durasi kontark tersebut. Selain menangani tinmas senior, Riedl juga membesut timnas U-23 Indonesia.

Selain Riedl sebagai pelatih, PSSI akan mencari seorang direktur teknik. PSSI telah mengajukan proposal kepada KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Hasilnya KNVB menyodorkan nama Jozef Krol. Dia adalah mantan pemaindan kapten timnas Belanda yang sekarang elatih klub afrika selatan, Orlando Pirates.

Sementara itu asisten pribadi Riedl, Pikal Wolfgang, terkejut saat dikonfirmasi terkait kepastian Riedl menjadi pelatih timnas indonesia. “Baru lima menit lalu saya bebicara dengan Riedl, tapi belum ada kepastian kontrak. Saya juga menanti kabar dari PSSI,” katanya.

Sebelumnya, PSSI akan menjanjikan memberi keputusan awal maret, sehingga timnas bisa memulai latihan bulan ini juga. “kalau seperti ini, mungkin timnas baru terbentuk April. Kami harus mengawali dengan seleksi lebih dulu,” ungkap Pikal.



Lepas dari itu, Riedl terbilang pelatih kaya pengalaman. Dia sudah malang melintang bersama banyak klub. Mantan pelatih timnas austria itu juga beberapa kali menangani timnas. Selain Vietnam dan Laos, dia pernah membesut timnas Palestina dan Liechnstein.

Berikut adalah karir kepelatihan Riedl

Austria (90-91)
O. Khouribga (93-94)
AL Zemalek (94-95)
Liechnstein (97-98)
Vietnam (2003-2004)
Palestina (2004-2005)
Vietnam (2005-2007)
XI Mang Hao Pong (2008-2009)
Laos (2009)
Indonesia (2010-....?)


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3535861

0 komentar:

Posting Komentar