Minggu, 21 Maret 2010

Pengalaman menggunakan linux ubuntu 9.10

Baru beberapa hari ini saya coba linux distro ubuntu karmic koala 9.10 alasan saya memilih ini karena saya terbiasa menggunakan windows (seperti kebanyakan orang) dan meskipun saya akui bahwa linux tetaplah linux dan windows ya tetaplah windows masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sekedar catatan, di komputer saya ini saya menggunakan windows + linux ubuntu 9.10 jadi saya menggunakan dual boot dan bisa dipilih mau masuk windows atau ubuntu pada saat start-up. Jadi kalau lagi kepengen main game yg agak berat ya saya restart lagi balik ke windows.

Ini beberapa pertimbangan dan kesan setelah menggunakan ubunt 9.10 ini :

  • Ingin coba-coba dan nambah pengalaman maklum saya belum begitu mengenal yg namanya linux.
  • Stabil – saya merasakan bahwa ubuntu yang saya install cukup stabil, bootingnya sangat cepat ga perlu nunggu lama untuk reboot atau shutdown komputer.
  • Mencari alternatif system yang lebih tahan virus. Jadi lumayan hemat waktu karena ga harus ngurusin komputer lambat dikerubungi trojan, spyware atau virus lain. Atau sekaligus hemat uang dan waktu bagi anda yang belum bisa service komputer sendiri.
  • Explore sesuatu yang baru – pas waktu senggang jadi ada sesuatu yg bisa saya utak atik. Dan di linux, kalau berhasil mengatasi sesuatu masalah rasanya seneng banget karena jauh lebih menantang.

    Ya menantang… khususnya bagi orang seperti saya yang terbiasa menggunakan windows, bagi orang yang udah terbiasa linux mungkin ga menantang lagi.

  • Program yang jalan di ubuntu versi 9.10 ini saya rasakan sangat stabil, belum pernah crash sampai sekarang meskipun buka banyak aplikasi, dan beberapa browser saya rasakan ada peningkatan performa.
  • Bebas lisensi – ga harus membayar lisensi hampir 90% program yang jalan disini gratis meskipun “katanya” ada juga yang berbayar tapi saya ga tahu karena blm pernah nemu. Selama ada di software center semuanya 100% gratis.
  • Upgrade yang sangat mudah – tinggal klik update manager maka anda akan disuguhi sejumlah file inti dan file tambahan yang bisa anda pilih untuk diupgrade dengan versi terbaru.
  • Mau cari software? Sangat gampang tinggal klik ubuntu software center ada ratusan software yg bisa digunakan dengan gratis mulai dari audio, chatting, browser, facebook-an, software edukasi matematika, bahasa, sampe pengolah gambar.

    Ga perlu pusing bayar lisensi atau takut kena virus. Klik software yang mau dipakai nanti dia install sendiri.

  • Sebenarnya sistim ini sangat cocok untuk kategori rumahan yang cuma buat ngetik, dengerin lagu, nonton film. Untuk game yang berat sepertinya masih belum begitu sempurna (seperti counter strike, dll).
    Tetapi yang sudah expert mengatakan “dengan linux sky is the limit”.
  • Sebagian besar driver (vga, audio, motherboard) disupport oleh ubuntu 9.10 jadi ngga usah install driver lagi.
  • Mengenai tampilan ga jauh beda dengan OS lain. Bahkan katanya bisa dibuat se-wah mungkin kalau vga dan memory kuat.
  • Setelah melakukan penginstalan awalnya saya kira ribet ternyata gampang. Kalau ngga salah sekitar 7-8 klik mouse. Lupa bikin screen shotnya padahal gampang banget bikin screen shot di ubuntu.
  • Mau pake card reader, memory atau flashdisk tinggal colok langsung terbaca.

Hal yang belum sempat saya coba adalah menjalankan program berbasis windows di ubuntu yaitu dengan wine.

Penilain di atas adalah subyektif berdasarkan apa yang saya alami dan rasakan setelah beberapa hari ini menggunakan ubuntu karmin koala 9.10, browser yang saya gunakan saat ini adalah opera dan firefox. Dan sedang terbuka sekitar 20-an tab di firefox, 15 tab di opera, total program terbuka sekitar 11 mulai dari audio (exaile), pengolah gambar sampai openoffice dan masih anteng2 aja nih ga terlalu terasa melambat.

Sepertinya segini dulu review saya setelah menggunakan ubuntu 9.10 semuanya masih bisa berubah tergantung apa yang saya alami ke depan nanti seiring dengan perkembangan ubuntu.


beritaku.webkios.info


0 komentar:

Posting Komentar